Sabtu, 23 Januari 2016

Manfaat Menulis

Hai, Guys! Kali ini, aku posting sesuatu yang berhubungan dengan menulis (bukan persyaratan atau resensi buku, kok :3 ).


Sebelumnya, aku punya pertanyaan buat kamu, nih:
Kamu menulis itu hobi atau sekadar ngikut, sih?

Jangan heran kenapa aku bertanya seperti itu, ya! Aku ini sedang nge-tes (cieh ...!) kamu, apa kamu benar-benar hobi nulis atau sekadar ikut-ikutan, nih. Guys, perlu diketahui perbedaan antara kamu hobi atau sekadar ngikut.

  • Tanda-tanda kamu emang bener-bener hobi itu, kamu akan terus menulis dan menulis walaupun popularitas menulis down.
  • Tanda-tanda kamu ngikut, kamu menulis tapi saat popularitas menulis down kamu akan berhenti menulis.

Jadi, kamu termasuk ke dalam tipe apa? Hobi atau sekadar Ngikut? Nice kalau kamu ngaku, lho!

Okey, sekarang, kita bahas manfaat menulis, yuk! Lho, kenapa nyambungnya manfaat? Kan, kalau menulis itu pasti ada manfaatnya. Langsung saja, ini dia manfaat menulis:
1. Melegakan hati dan pikiran
Pernahkan dalam benakmu, terlintas perasaan dendam, jenuh, benci, senang, dan sebagainya? Dan pernahkah kamu menuangkan semua perasaan itu ke dalam sebuah tulisan?
Guys, coba deh, kalau kamu sedang benci, senang, jenuh, atau sebagainya, tuangin semua itu ke dalam bentuk tulisan. Pastinya, kamu akan lebih relaks setelah itu.

2. Sarana pengenalan diri
Guys, kalau semisal kamu sudah jadi penulis, pasti kamu akan dikenal luas oleh orang banyak, kan?

3. Mempertajam ingatan
Kalau kamu menulis cerita nonfiksi (nyata), waktu udah lansia nanti, coba kamu baca ulang cerita kamu itu. Apakah kamu masih mengingatnya?
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hobi membaca dan menulis adalah hobi yang dapat membuat otak kita terasah dan tajam, tidak tumpul.

4. Royalti
Kenapa royalti ditempatkan di terakhir? Jadi, begini, kalau mau dapat royalti, kita mesti usaha dulu, kan?
Okey, pasti di antara kamu udah ada yang tau royalti dong! Yup, royalti is money. Bahahaha, buat kamu yang suka nabung maupun enggak, menulis ini cocok banget! Kalau nanti buku kamu diterbitin dan dapet *ekhem* bala-bala, kan bala-bala itu bisa kamu gunain buat apa aja (sesuka hatimu). Tapi, sob, buat kamu yang males dan berhemat, mendingan ditabung saja, ya!^^....

Nah, sekian dulu, ya! Semoga bermanfaat dan semangat menulis :)

Persyaratan Mengirim Naskah ke CCPK, KCPK, dan RPK

Hai, Kawan! Kali ini, aku akan bahas persyaratan mengirim naskah ke CCPK, KCPK, dan RPK. Nah, CCPK sendiri adalah singkatan dari Cilik-Cilik Punya Karya. KCPK adalah singkatan dari Kakak Cilik Punya Karya dan RPK adalah singkatan dari Remaja Punya Karya. Serial ini diterbitkan oleh Penerbit Edelweiss. Sebenarnya, aku agak ragu apakah penerbit ini masih menerima naskah atau tidak. Tapi, dari pantauanku, Penerbit Edelweiss terakhir update status FB itu 9 Januari. Jadi, aku kira, masih bisa, ya ...!^^

Langsung saja, ini dia persyaratannya :)
a. CCPK
1. Maksimal berumur 12 tahun (belum 13 tahun, ya ...!).
2. Tebal naskah 40-45 halaman, kertas HVS A4, spasi 1.5, font Times New Roman 12 pt.

b. KCPK
1. Penulis berusia 13-15 tahun.
2. Tebal naskah minimal 50 halaman, kertas HVS A4, spasi 1.5, font Times New Roman 12 pt.

c. RPK
1. Penulis berusia 16-19 tahun.
2. Tebal naskah minimal 50 halaman, kertas HVS A4, spasi 1.5, font Times New Roman 12 pt.

Kirimkan naskahmu ke:
Penerbit Edelweiss
Ki Town House Blok H
Jl. Raya Limo, Depok 16515

ATAU

edelweiss.publisher@gmail.com
dengan subjek naskah untuk CCPK/KCPK: Naskah_CCPK/KCPK_Judul_Nama Penulis (misal: NASKAH_CCPK_Blabla_Me)

Dan untuk RPK, subjek naskah Novel_Judul_RPK_Nama Penulis (misal: Novel_Meis_RPK_Me)

Nah, sekian dulu, ya! Semangat nulis ^_^

Rabu, 20 Januari 2016

Persyaratan Mengirim Naskah ke BIP

Hai, Kawan! Kalian pasti tahu Penerbit Bhuana Ilmu Populer (BIP), kan? Kamu ingin menjadi salah satu penulisnya? Kali ini, aku bakal kasih tahu persyaratannya. Tapi, buat kamu (yang mau aja :D), aku kasih kamu satu tantangan! Yup, menulis naskah BIP! Bagaimana? Tertantang?

Nah, pastinya, aku kasih kamu persyaratannya dulu. Ini dia persyaratannya:
a. Novel Remaja:
1. Naskah fiksi dengan genre drama, romance, romantic comedyromance fantasy, suspense.
2. Target pembaca: remaja, dewasa muda, dewasa.
3. Tebal naskah min. 100 halaman.
4. Naskah bukan berupa kumpulan cerpen/puisi.
5. Sertakan sinopsis keseluruhan cerita (bukan blurb, ingat, ya!)

b. Novel Anak:
1. Kirimkan naskah lengkap beserta ilustrasi.
2. Jika belum ada ilustrasi, sertakan konsep ilustrasi yang diinginkan.
3. Tidak ada minimal halaman.
4. Target pembaca: prasekolah (belum sekolah), balita, SD.
5. Jenis naskah: aktivitas (keseharian), dongeng, kumpulan dongeng, nonfiksi (pengetahuan), agama, dsb.

c. Komik:
1. 10 lembar pertama komik secara berurutan untuk mengecek alur cerita (dalam bentuk PDF)
2. Sinopsis cerita.
3. Lebih baik sertakan desain karakter.
4. Target pembaca: anak sampai dewasa.

Konfirmasi terbit naskah:
1. Setelah masuk ke meja redaksi, naskah akan direview oleh tim editor selama 3-5 bulan.
2. Apabila naskah diterima untuk diterbitkan, kamu akan dihubungi lebih lanjut.
3. Konfirmasi naskah hanya dilakukan melalui surel.

Cara kirim:
1. Naskah diketik di MS. Word, ukuran kertas A4, Times New Roman 12 pt., spasi 1.5, margin normal.
2. Naskah merupakan naskah final, bukan draft atau outline.
3. Naskah merupakan karya asli, bukan saduran atau jiplakan. Jika ada sedikit sanduran, sertakan alamat dalam daftar pustaka.
4. Naskah tidak sedang atau belum pernah diterbitkan oleh penerbit lain. Jika sudah pernah diterbitkan oleh penerbit lain, sertakan surat kontrak dengan penerbit yang sudah kadaluwarsa.
5. Tidak boleh menyinggung SARA dan pornografi.
6. Format data .word, .doc, .docx, atau .pdf. Maksimal 1 MB. Tidak menerima .rar.
7. Sertakan data diri singkat bersama naskah Anda: Nama lengkap, TTL, alamat, no handphone, dan prestasi, termasuk buku yang sudah pernah diterbitkan.
8. Naskah dikirim dengan attachment ke redaksi.bip.gramedia@gmail.com, subjek: PN_Fiksi_(kategori naskah). Contoh: PN_fiksi_anak.

More info Facebook Bhuana Ilmu Populer.

Nah, sudah dulu, ya, Kawan! Jangan lupa tantangan yang aku kasih ke kamu :D Selamat berkarya^^!

Persyaratan Mengirim Naskah ke m&c!

Hai, Kawan! Kali ini, aku bakal membahas persyaratan mengirim naskah ke m&c!, lho! Kalian pasti tahu m&c!, kan? Itu, lho, penerbitan komik anak (seperti Hai! Miiko (iya, kan?)).

Nah, baru-baru ini, m&c! menerima naskah cerita anak, lho! Mau tahu persyaratannya? Ayo, baca di bawah ini^^....

1. Semua usia (umum, yaa ...!)
2. Mengirimkan naskah cerita anak (ingat, cerita anak :) )
3. Kategori cerita: Umum (U), Religi (R), Educality (E).
4. Diketik di MS. Word, spasi 1.5, font Times New Roman 12 pt.
5. Panjang naskah 5 sampai 15 halaman (gak lebih, gak kurang).
6. Sertakan biodata lengkap (nama, alamat surel, alamat rumah, dan nomor telepon yang dapat dihubungi).
7. Kirimkan naskah kamu ke alamat surel naskahmnc@gmail.com dengan subjek Naskah Cerita Anak (kode kategori cerita), misal Naskah Cerita Anak (U).

More info Facebook m&c!
Nah, sekian dulu, ya! Semoga bermanfaat ... semangat berkarya dan sukses^^!

Senin, 18 Januari 2016

Perhutani Green Pen Award 2016

Hai, Kawan! Sejujurnya saja, ini informasi lama. Tapi, aku pos lagi gak apa-apa, kan? Mungkin sebagian dari kalian belum tahu^^....

Perhutani Green Pen Award 2016


Selengkapnya, ini dia persyaratannya:

a. Peserta
1. Warga Negara Indonesia di tanah air maupun yang sedang berada di luar negeri
2. Pelajar SLTP sederajat (kategori A)
3. Pelajar SLTA & Mahasiswa (kategori B)
4. Umum, guru, dosen, penulis/pengarang (kategori C)
 
b. Syarat
1. Lomba dibuka mulai tanggal 22 November 2015 dan ditutup tanggal 12 Februari 2016 (stempel pos atau jasa kurir)
2. Judul naskah bebas. Tema cerita Kehidupan dengan Berbagai Aspeknya Terkait Hutan, Alam, dan Lingkungan Hidup.
3. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, indah (liteter) dan komunikatif
4. Naskah adalah karya asli, bukan jiplakan, terjemahan atau saduran dan belum pernah dipublikasikan disertai dengan dokumen pernyataan di atas materai
5. Naskah panjangnya 5-10 halaman A4, diketik 1,5 spasi, huruf Times New Roman ukuran 12 font, margin standar
6. Naskah dicetak atau print out sebanyak 2 (dua) rangkap, file dimasukkan dalam CD atau flashdisk 
7. Peserta diperbolehkan mengirimkan naskah lebih dari 1 (satu) judul, maksimal 2 (dua) judul
8. Naskah dimasukkan ke dalam amplop tertutup, tulis kategori A/B/C pada amplop, kirim ke 
 
PANITIA GREEN PEN AWARD 2016

 
PERHUTANI RESIDENCE
Jalan Gedung Hijau I No. 17 
Pondok Indah
Jakarta Selatan - 12310
 

 
c. Naskah Dilampiri
  1. Biodata lengkap, alamat, nomer telepon/HP, email yang mudah dihubungi
  2. Foto copy kartu pelajar (kategori A)
  3. Foto copy kartu pelajar/kartu mahasiswa dan KTP bagi mahasiswa (kategori B)
  4. Foto copy KTP/Paspor dan identitas lainnya (kategori C)
  5. Tulisan singkat tentang salah satu kegiatan Perum Perhutani, diketik rapi minimal 70 kata, diperbolehkan menambahkan foto apabila ada. Sumber informasi situs resmi www.perumperhutani.com atau sumber lain dengan menyebut nama sumber
d. Informasi Lain
1. Nama-nama pemenang akan diumumkan pada tanggal 29 Maret 2016 melalui situs www.perumperhutani.com
2. Panitia tidak memungut biaya apapun, tidak menunjuk perwakilan dan tidak melayani surat-menyurat terkait penyelenggaraan ini
3. Naskah yang dilombakan menjadi milik Perum Perhutani dan dapat diterbitkan untuk kepentingan perusahaan
4. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat

e. Catatan
  • Informasi lomba dapat di akses di www.perumperhutani.com
 
TOTAL HADIAH 60 JUTA RUPIAH
Hadiah Kategori A
  • Pemenang 1 : piala, piagam dan uang tunai Rp. 3.000.000,-
  • Pemenang 2 : piagam dan uang tunai Rp. 1.500.000,-
  • Pemenang 3 : piagam dan uang tunai Rp. 1.000.000,-
  • 5 (lima) pemenang harapan : piagam dan uang tunai Rp. 500.000,-
Hadiah Kategori B
  • Pemenang 1 : piala, piagam dan uang tunai Rp. 4.000.000,-
  • Pemenang 2 : piagam dan uang tunai Rp. 2.000.000,-
  • Pemenang 3 : piagam dan uang tunai Rp. 1.500.000,-
  • 5 (lima) pemenang harapan : piagam dan uang tunai Rp. 750.000,-
Hadiah Kategori C
  • Pemenang 1 : piala, piagam dan uang tunai Rp. 5.000.000,-
  • Pemenang 2 : piagam dan uang tunai Rp. 3.000.000,-
  • Pemenang 3 : piagam dan uang tunai Rp. 2.000.000,-
  • 5 (lima) pemenang harapan : piagam dan uang tunai Rp. 1.000.000,-
Nah, sekian dulu, ya! Ayo, kirim naskah kamu dan menangkan hadiahnya^^......!

Persyaratan Mengirim Naskah KPC

Hai, Kawan! Kali ini aku bakal posting persyaratan mengirim naskah KPC. Berhubung banyak banget yang tanya di Facebook, aku posting di sini, deh! Habis gimana, ya, aku pengen infonya kesebar, gak hanya ke satu orang aja (bilang aja lu pelit, Lir :v ).

Sebelumnya, di sini udah banyak yang tahu belum sih, apa itu KPC? Kelab Penulis Cilik (KPC) adalah serial penulisan penulis cilik yang diterbitkan oleh Grasindo. Mayoritas, teman-teman Facebook aku menyebutnya Grasindo :D

Langsung saja, ya, ini dia persyaratan mengirim naskah ke KPC:
1. Usia penulis maksimal SMP (ingat, yaa ..., SMP :D ).
2. Panjang naskah 40 halaman.
3. Diketik pada kertas HVS A4, spasi 1,5, margin normal, font Times New Roman 12 pt.
4. Sertakan biodata lengkap kamu di akhir naskah (jangan lupa ...!)
5. Kirimkan naskah kamu ke alamat surel red.grasindo@gramediapublishers.com dengan subjek naskah bebas (saranku: KPC - [judul naskah], misal: KPC - Popular Girls). Oh, iya, one more, judul naskah kamu bebas, yaaaa ... (saranku judul naskah kamu adalah judul cerita kamu, misal: Popular Girls). 

One more, KPC menerima naskah solo, duo, trio, maupun antologi, lho^^....! Jadi, ayo ajak kawanmu menulis bersama :) .

More info, Fanspage Facebook: Grasindo Publisher atau web grasindo.co.id

Contoh KPC yang sudah diterbitkan
13
Karya Kak Sherina S.

Nah, sekian dulu, ya! Selamat berjuang untuk berkarya. Sukses!

Persyaratan Mengirim Naskah ke PACI

Hai, Kawan! Kali ini, aku akan posting syarat mengirim naskah PACI, lho! Hihihi^^....
Little info, Penulis Anak Cerdas Indonesia (PACI) adalah sebuah serial penulisan anak yang diterbitkan oleh Zettu (Kinomedia Writer). Kalian pasti tahu, dong, Kak Sherina dan kedua adiknya, Queen Aura dan Princeyla Aughea. Mereka bertiga penulis PACI, lho!^^....

Langsung saja, ini dia persyaratannya :)

1. Naskah belum pernah dipublikasikan.
2. Menggunakan ukuran kertas A4 dengan margin normal, font Times New Roman 12 pt, spasi 1,5.
3. Format paragraf menggunakan rata kanan-kiri (justify), tiap paragraf baru harus ada tabulasi (menjorok ke dalam).
4. Panjang naskah 30-40 halaman.
5. Isi naskah TIDAK disertai file gambar (foto) kecuali komik dan artikel.
6. Tidak menggunakan huruf selain yang ditentukan, tidak juga menggunakan warna-warna.
7. Biodata, kata pengantar, sinopsis, sinopsis back cover (blurb kali, ya?), semuanya terpisah dari file naskah utama dan WAJIB disertakan.
8. Nama file naskah adalah judul naskahnya (di subjek surel harap cantumkan: PACI – [Judul naskah]. Misal: PACI - Rumah Baca).
9. Lamanya penentuan diterima atau tidaknya kisaran maksimal 3 bulan, dan akan dihubungi lewat surel.
10. Semua naskah yang diterima akan dilakukan proses kerjasama beli putus oleh penerbit, artinya penulis tidak mendapatkan royalti atas buku yang terbit, namun kerjasama ini hanya berlaku untuk buku. Jika naskah akan dijadikan film atau sejenisnya maka dilakukan kerjasama baru.
11. Semua naskah dikirim ke kino.lovers@yahoo.co.id
12. Di badan surel, lampirkan data naskah seperti judul, tipe naskah, jumlah halaman, nomor kontak, dan nomor rekening.
13. Tidak menerima naskah yang bersifat SARA dan POLITIK.
14. Jika penulis ingin menarik naskahnya, wajib melalui konfirmasi ke surel kino.lovers@yahoo.co.id  (minimal 3 bulan baru bisa ditarik)

More info, tanya ke kinoLuv [087700375879] atau twiter @kinomediawriter [https://twitter.com/kinomediawriter]
 
Contoh buku PACI yang sudah diterbitkan
PACI Mocha & Mochi
Karya Queen Aura
 
Nah, sekian dulu, ya! Cepetan kirim naskah kamu...., semangat berkarya^^....!