Alir Bening's Blog

Sabtu, 23 Januari 2016

Manfaat Menulis

Hai, Guys! Kali ini, aku posting sesuatu yang berhubungan dengan menulis (bukan persyaratan atau resensi buku, kok :3 ).


Sebelumnya, aku punya pertanyaan buat kamu, nih:
Kamu menulis itu hobi atau sekadar ngikut, sih?

Jangan heran kenapa aku bertanya seperti itu, ya! Aku ini sedang nge-tes (cieh ...!) kamu, apa kamu benar-benar hobi nulis atau sekadar ikut-ikutan, nih. Guys, perlu diketahui perbedaan antara kamu hobi atau sekadar ngikut.

  • Tanda-tanda kamu emang bener-bener hobi itu, kamu akan terus menulis dan menulis walaupun popularitas menulis down.
  • Tanda-tanda kamu ngikut, kamu menulis tapi saat popularitas menulis down kamu akan berhenti menulis.

Jadi, kamu termasuk ke dalam tipe apa? Hobi atau sekadar Ngikut? Nice kalau kamu ngaku, lho!

Okey, sekarang, kita bahas manfaat menulis, yuk! Lho, kenapa nyambungnya manfaat? Kan, kalau menulis itu pasti ada manfaatnya. Langsung saja, ini dia manfaat menulis:
1. Melegakan hati dan pikiran
Pernahkan dalam benakmu, terlintas perasaan dendam, jenuh, benci, senang, dan sebagainya? Dan pernahkah kamu menuangkan semua perasaan itu ke dalam sebuah tulisan?
Guys, coba deh, kalau kamu sedang benci, senang, jenuh, atau sebagainya, tuangin semua itu ke dalam bentuk tulisan. Pastinya, kamu akan lebih relaks setelah itu.

2. Sarana pengenalan diri
Guys, kalau semisal kamu sudah jadi penulis, pasti kamu akan dikenal luas oleh orang banyak, kan?

3. Mempertajam ingatan
Kalau kamu menulis cerita nonfiksi (nyata), waktu udah lansia nanti, coba kamu baca ulang cerita kamu itu. Apakah kamu masih mengingatnya?
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hobi membaca dan menulis adalah hobi yang dapat membuat otak kita terasah dan tajam, tidak tumpul.

4. Royalti
Kenapa royalti ditempatkan di terakhir? Jadi, begini, kalau mau dapat royalti, kita mesti usaha dulu, kan?
Okey, pasti di antara kamu udah ada yang tau royalti dong! Yup, royalti is money. Bahahaha, buat kamu yang suka nabung maupun enggak, menulis ini cocok banget! Kalau nanti buku kamu diterbitin dan dapet *ekhem* bala-bala, kan bala-bala itu bisa kamu gunain buat apa aja (sesuka hatimu). Tapi, sob, buat kamu yang males dan berhemat, mendingan ditabung saja, ya!^^....

Nah, sekian dulu, ya! Semoga bermanfaat dan semangat menulis :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar